Munggahan sekeluarga menyambut Ramadhan 1432 H

Hari ini hari terakhir sebelum bulan Ramadhan, orang sunda biasanya bilang “munggahan”. Kalo di sunda (misalnya gw orang Tasikmalaya), munggahan itu diisi ama hal2 yang dianggap spesial, atau apa lah namanya😀 contohnya makan2 bareng keluarga kek tadi siang gw ama keluarga lakuin, ada yang pergi ke suatu tempat bareng keluarga juga, ada yang sengaja silaturahmi ke kerabat/keluarga jauh, dan lain sebagainya lah. Munggahan ini lebih erat ama budaya, di dalem Islam sendiri ga ada istilah “munggahan”, namun gw kira kegiatan munggahan ini ga ada efek negatif nya sejauh ini, so far selama ga keluar dari syariat islam gw kira oke2 aja🙂

Dihari munggahan ini biasanya tempat makan, tempat rekreasi, lalu lintas, ampe mall smuanya pada rame Gan. Tadi siang aja Ane nyari2 dulu tempat makan yang kosong, soalnya kami dadakan, ga pake acara booking tempat dulu. Setelah ditolak ama Saung Landeuh, gw beranjak ke Saung Kararas. Tempatnya di Jalan Elang Subandar, masih baru beroperasi, tempatnya enak, tapi harga nya mahal sih kalo dibanding Saung Landeuh hehe, trus menunya juga masih belum komplit. Sate, ayam bakar, dll masih belum tersedia. tapi ya terbayar lah dengan tempatnya yang masih baru dan nyaman buat kumpul2 bareng🙂

Taun kemaren, pas munggahan Ane lg KKN di Bantul, Jogja. Jauh ama keluarga, ga bisa balik kampung. tp Alhamdulillah taun ini diberi kesempetan buat munggahan bareng keluarga😀 Bagi teman2 yang lagi pada KKN, semangat y Gan/Sis taun depan mudah2an bisa munggahan bareng keluarga hehehe.

Akhir kata ane mau ngucapin :

Maafin Ane+Keluarga y Gan kalo kira2 ada salah2 kate/prilaku:)

Selamat menunaikan ibadah puasa Gan, semoga diberi kemudahan, kelancaran, dan semoga predikat taqwa dapat kita raih, Amiin🙂

Author: Irman

Irman Rostaman. Asal Tasikmalaya, pendidikan terakhir S1 Teknik Fisika UGM. Sekarang bekerja sebagai Instrument Superintendent di PT. Sinar Tambang Arthalestari (Semen Bima). Sebelumnya sempat menjadi Instrument Engineer di PT. Cemindo Gemilang (Semen Merah Putih). Karena sering lupa, blog ini saya buat sebagai tools pengingat lupa. Mudah-mudahan bernilai lebih sehingga bisa berbagi pengetahuan dan bisa mengingatkan yang lupa :D

Leave a Reply

