Teknik Fisika UGM Gelar Lomba Antenna Omni-Directional Tingkat Nasional

Ketua ORARI, Dekan Fak. TEknik, Prof. Sunarno
Wakil Ketua ORARI Pusat, Dekan Fak. Teknik UGM, Prof. Sunarno (Dosen Tek. Fisika)

Sabtu, 6 Juni kemarin Jurusan Teknik Fisika UGM menggelar acara Techno Atenna Fair 2009  yang  merupakan lomba antenna Omni-Directional se-Indonesia. Adapun ketentuan lain seperti tinggi antena maksimal 3,8 meter terhitung dari tanah(termasuk tripod penyangga) dan panjang kabel total minimal 7 meter. Acara ini diikuti oleh lebih dari 100 peserta yang terdiri dari Orari dan para Hobies antenna se-Indonesia.

Lomba ini merupakan yang pertama kalinya di dunia dengan menggunakan sistem Antenna Patern Analyzer(APA) sebagai alat penilaian yang dikembangkan oleh mahasiswa Jurusan Teknik Fisika dibawah bimbingan Prof. Ir. Sunarno, M.Eng, Ph.D sebagai dosen yang mengajar matakuliah yang bersangkutan. Antenna Pattern Analyzer merupakan alat yang dirancang untuk menampilkan pola pancar antenna omni-directional, baik secara dua dimensi maupun tiga dimensi. Alat yang terdiri atas 15 sensor berfungsi mengubah sinyal analog ke bentuk digital. Alat ini merupakan hasil kreasi mahasiswa Jurusan Teknik Fisika pada kelas yang diampu Prof. Ir. Sunarno, M.Eng, Ph.D.

Acara dibuka langsung oleh Dekan FT UGM, Ir. Tumiran, M.Eng., Ph.D., dan Wakil Ketua Orari Pusat, Mayjen (Purn) Dr. H.C. I.G. Manila, S.I.P.,. Di samping lomba Antennna Pattern Analyzer, dalam rangkaian acara ini juga dilangsungkan Pameran Teknologi Telemetri, yakni sistem monitoring Gunung Merapi melalui internet. Acara ini selanjutnya akan menjadi agenda tahunan bagi Jurusan Teknik Fisika. Diharapkan kegiatan seperti ini bisa menjadi wadah bagi mahasiswa maupun hobies antena untuk mengembangkan bakat dalam mengelola antena sebagai alat komunikasi.

Alhasil pada akhir lomba ini memunculkan tiga nama yang menempati peringkat atas. Juara pertama, Erwindo P.G. dari Orari Jogja, berhak membawa pulang trofi Dekan FT UGM dan uang pembinaan Rp2.500.000,00. Sementara itu, posisi kedua diraih oleh Santoso dari Orari Klaten yang mendapatkan trofi Kepala Jurusan Fisika Teknik FT UGM dan uang Rp1.500.000,00. Peringkat ketiga diduduki oleh D.E. Purbajantoro dari Orari Klaten yang memperoleh trofi Kepala Jurusan Teknik Fisika FT UGM dan uang sebesar Rp1.000.000,00.

Author: Irman

Irman Rostaman. Asal Tasikmalaya, pendidikan terakhir S1 Teknik Fisika UGM. Sekarang bekerja sebagai Instrument Superintendent di PT. Sinar Tambang Arthalestari (Semen Bima). Sebelumnya sempat menjadi Instrument Engineer di PT. Cemindo Gemilang (Semen Merah Putih). Karena sering lupa, blog ini saya buat sebagai tools pengingat lupa. Mudah-mudahan bernilai lebih sehingga bisa berbagi pengetahuan dan bisa mengingatkan yang lupa :D

3 thoughts on “Teknik Fisika UGM Gelar Lomba Antenna Omni-Directional Tingkat Nasional”

  1. SELAMAT ATAS SUKSESNYA TAF’09
    KAMI PESERTA SANGAT PUAS DAN BANGGA BISA IKUT SERTA
    MOHON DAPTAR HASIL PENGUKURAN SEMUA PESERTA BUAT BAHAN PEMBELAJARAN KITA, TKS.

  2. Terimakasih YC1IMO,
    semoga dikesempatan mendatang bisa lebih baik lagi.
    Dan mudah-mudahan lomba tingkat internasional bisa terwujud.

    Minggu depan saya usahakan bisa dipublish di blog ini,
    karena minggu ini merupakan minggu tenang untuk menghadapi ujian akhir semester, jadi sebaian panitia ada yang mudik ke kampung halaman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s