13-14 Juni 2009, UGM Tuan Rumah Kontes Robot Tingkat Nasional

Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi kembali menunjuk UGM menjadi tuan rumah penyelenggaraan kontes robot tingkat nasional. Penunjukan ini menyusul sukses kontes serupa yang dilaksanakan tahun sebelumnya (2008).

Kontes robot tingkat nasional kali ini akan digelar selama dua hari, 13-14 Juni 2009. Tiga jenis lomba akan dipertandingkan, yaitu Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI), dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI).

Ilona, staf Fakultas MIPA UGM, yang juga sie publikasi kontes robot menjelaskan lomba kali ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada Kontes Robot Nasional 2009 akan ditambahkan satu jenis perlombaan, yakni Kontes Robot Seni Indonesia.

“Di sini, robot yang dilombakan harus bisa menari mengikuti irama yang telah ditentukan. Adapun jenis tarian yang dilombakan adalah tarian Jaipong,” jelas Ilona, di kampus UGM, Kamis (4/6).

Menurutnya, kontes robot telah mentradisi karena hampir setiap tahun dilaksanakan. Kontes Robot Indonesia pertama kali diadakan oleh PENS tahun 1993 dan kemudian menjadi Kontes Robot Cerdas Indonesia di tahun 2003. Untuk penyelenggaraan kali ini, UGM mendapat dukungan dari Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

“Keduanya bahkan memberikan amanah kepada UGM. Hal ini tidak lepas dari penilaian bila UGM berhasil dalam penyelenggaraan Kontes Robot Tingkat Regional di tahun 2008,” terangnya.

Mengutip pendapat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Ilona mengatakan kegiatan kontes robot dimaksudkan untuk memenuhi salah satu tujuan pendidikan tinggi, yakni menumbuhkembangkan dan memperkaya khasanah ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Untuk itu, kegiatan penumbuhan dan pengembangan kreativitas dan inovasi dosen dan mahasiswa menjadi kata kunci untuk menghantarkan tercapainya tujuan tersebut,” ujar Ilona.

Dikatakannya bahwa untuk menumbuhkan dan mengembangkan kreativitas serta inovasi, tidak cukup hanya berada pada wacana teoretis. Namun, harus dilatih pula untuk mengimplementasikan ide, gagasan wacana-teoretis tersebut ke dalam dunia nyata. “Kegiatan pengembangan gagasan teoretis menjadi penerapan teknologi yang nyata harus dibuat sedemikian rupa agar menjadi menarik, dinamis, dan tidak membosankan, di mana dosen dan mahasiswa perlu dilibatkan secara multidisiplin,” tutur Ilona.

Setelah melalui perlombaan di masing-masing wilayah Regional I, Regional II, Regional III, dan Regional IV, telah diperoleh hasil untuk KRI dan KRCI tahun 2009. Berdasarkan keputusan tim juri, tim-tim yang berhak tampil pada perlombaan tingkat nasional ialah 24 tim KRI, 21 tim KRCI kategori Wheeled, 9 tim KRCI kategori Leeged, 9 tim KRCI kategori Expert Single, dan 16 tim KRCI kategori Expert Battle. “Sedangkan untuk Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) tahun 2009 ini akan menampilkan 12 tim yang berasal dari Universitas Sriwijaya, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Merdeka Malang, Universitas Mercu Buana, Universitas Gadjah Mada, Universitas Bhayangkara Surabaya, STMIK “MDP” Palembang, Politeknik Negeri Bandung, Politeknik Manufaktur Astra, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, dan Institut Teknologi Nasional Malang,” jelas Ilona.

(dikutip dari : http://www.ugm.ac.id)

Author: Irman

Irman Rostaman. Asal Tasikmalaya, pendidikan terakhir S1 Teknik Fisika UGM. Sekarang bekerja sebagai Instrument Superintendent di PT. Sinar Tambang Arthalestari (Semen Bima). Sebelumnya sempat menjadi Instrument Engineer di PT. Cemindo Gemilang (Semen Merah Putih). Karena sering lupa, blog ini saya buat sebagai tools pengingat lupa. Mudah-mudahan bernilai lebih sehingga bisa berbagi pengetahuan dan bisa mengingatkan yang lupa :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s