Tiga Robot UGM Sapu Bersih Gelar Juara Galelobot 2009

Mahasiswa UGM kembali mendominasi juara kompetisi Galelobot 2009 yang diadakan di kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 23-24 April 2009. Tidak tanggung-tanggung, tim dari UGM berhasil menyabet semua gelar juara, yakni juara pertama, kedua, dan ketiga, dengan menyisihkan 150 tim peserta yang berasal dari 40 perguruan tinggi, antara lain, ITB, UNY, ITS, UI, USU, Universitas Binus, Universitas Gunadarma, dan Politeknik Balikpapan.

juara gallelobot_itb_2009

Galelobot 2009 adalah ajang adu cepat dan keandalan robot dalam mengikuti jalur berupa garis. Sebelumnya, UGM telah dua kali berturut-turut menjuarai lomba yang digelar secara rutin tiap tahun di ITB. Pada 2007, UGM berhasil menjadi juara I dan tahun berikutnya meraih juara I dan II.

Dalam kompetisi Galelobot 2009, tiga robot UGM dinobatkan sebagai juara. Masing-masing robot ialah ‘Gro-Back’ milik Kartiko Nugroho dan David Adam dari Teknik Elektro (dua orang dari kiri) sebagai juara pertama, robot ‘Om Hungry’ milik Wahyu Hidayat, Aditya Rifky Dwi Pamungkas, dan Wijaya Yudha Atmaja (ke-empat dan ke-lima dari kiri)  sebagai juara kedua, dan juara ketiga direbut robot ‘Ice Tea’ milik Adi Sastra, Kiki Rahmat Syair, dan Yunus Siagian (ke-tiga, ke-enam, dan ke-tujuh dari kiri) dari Teknik Fisika.

Dikatakan Kartiko Nugroho, dalam babak final robot ‘Gro-back’ dan ‘Om Hungry’ harus saling berkompetisi. Dalam dua kali putaran, keduanya bergantian unggul. Namun, akhirnya panitia menentukan pemenang berdasarkan selisih kecepatan. Karena robot ‘Om Hungry” terpaut 3 detik lebih lambat dari “Gro-Back”, panitia memutuskan ‘Gro Back’ sebagai juara pertama.

“Di final memang cukup seru karena bersaing sesama tim dari UGM, terpaut hanya tiga detik di adu kecepatan. Gro-Back akhirnya menang,” kata mahasiswa angkatan 2003 ini kepada wartawan di Ruang Fortakgama, Selasa (5/5).

Diceritakan Kartiko, setiap tim peserta yang mengikuti kompetisi kali ini menemui tantangan yang cukup berat. Hal itu disebabkan setiap robot harus mengikuti jalur berupa garis dengan rintangan berupa tikungan siku, tikungan sudut tajam, dan perubahan warna garis yang sebelumnya hitam di atas putih menjadi putih di atas hitam. Selain itu, rintangan juga ditambah dengan adanya garis putus-putus, tanjakan, garis yang melebar dan secret area berupa labirin heksagonal.

“Kemampuan sensor robot, akurasi, dan kecepatan robot diperlukan dalam hal ini. Tidak heran, banyak robot yang gugur menyelesaikan track jalur,” tutur anak pertama dari dua bersaudara kelahiran Blitar ini.

Pendapat senada juga disampaikan oleh Aditya Rifky yang tampil sebagai pemenang kedua. Dalam kompetisi tersebut, masing-masing peserta diharuskan membuat robot yang berukuran 20 cm x 20 cm x 20 cm dengan berat minimal 2 kilogram. Dalam pembuatan robot, kata Adit, tim dari UGM hanya menghabiskan dana rata-rata sekitar 300 ribu rupiah. Meskipun dengan biaya yang relatif ringan, tim UGM berhasil menyabet semua gelar juara.

“Dibandingkan dengan robot buatan tim lain di luar UGM yang mencapai satu jutaan, robot milik kita dibuat dengan biaya seefektif dan seefisien mungkin dengan komponen yang bisa dibeli oleh khalayak umum,” ujarnya.

Sementara itu, Wahyu Hidayat yang merupakan rekan satu tim Aditya menjelaskan prototipe robot buatan mereka dapat dimanfaatkan untuk mengangkut barang di industri. Robot tersebut memiliki komponen berupa rangkaian pengendali, rangkaian monitor (LCD), dan rangkaian sensor.

“Prototipe robot ini nantinya bisa dikembangkan dalam dunia industri sebagai robot pengangkut barang dengan membuat lintasan yang bisa dibaca oleh sensor,” terangnya. (diambil dari : http://www.ugm.ac.id)

Author: Irman

Irman Rostaman. Asal Tasikmalaya, pendidikan terakhir S1 Teknik Fisika UGM. Sekarang bekerja sebagai Instrument Superintendent di PT. Sinar Tambang Arthalestari (Semen Bima). Sebelumnya sempat menjadi Instrument Engineer di PT. Cemindo Gemilang (Semen Merah Putih). Karena sering lupa, blog ini saya buat sebagai tools pengingat lupa. Mudah-mudahan bernilai lebih sehingga bisa berbagi pengetahuan dan bisa mengingatkan yang lupa :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s